6+ Fakta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah!

Fakta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah

Saat pertama kali menginjak bangku perkuliahan mungkin saya akan menjadi sesuatu yang berharga serta bermanfaat nantinya. Menjadi seorang mahasiswi semester tiga di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, kampus berkarakter Islami itulah identitas yang disematkan terhadap perguruan tinggi tempat saya menimba ilmu. UIN Raden Fatah memiliki delapan fakultas, diantaranya :

Bacaan Lainnya

Fakultas-Fakultas di UIN Raden Fatah

  • Fakultas Syariah
  • Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
  • Fakultas Ushuluddin
  • Fakultas Adab
  • Fakultas Dakwah
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • Fakultas Sainstek
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Saya merupakan salah satu mahasiswi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam biasa disingkat menjadi FEBI, disini saya akan menceritakan tentang fakta-fakta yang ada difakultas saya.

Jurusan-Jurusan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Raden Fatah

Berawal dari terbentuknya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Jum’at, 27 Desember 2013 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) diresmikan oleh mentri Agama RI, terdapat empat jurusan di FEBI yaitu Program Studi Ekonomi Islam, Program Studi D3 Perbankan Syariah, Program Studi S1 Perbankan Syariah, dan Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf.

Ya… keempat jurusan tersebut mulanya merupakan jurusan yang berasal dari Fakultas Syariah. Dikarenakan transformasi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) terjadilah penambahan fakultas baru.

Inilah rupa gedung FEBI, tempat terjadinya aktifitas belajar dan mengajar. FEBI merupakan salah satu fakultas terfavorit urutan kedua setelah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pada saat penerimaan mahasiswa baru 2017, terdata 800 mahasiswa yang tergabung di FEBI, setelah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dengan 1000 mahasiswa. Terdapat 35 dosen tetap di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Visi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

  • Menjadi pusat study dan pembentukan sarjana Ekonomi dn Bisnis Islam berstandar Internasional, berwawasan kebanggaan, dan berkarakter islami Misi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • Melahirkan sarjan Ekonomi dan Bisnis Islam yang berkarakter profesional dn berintegrits.
  • Mengembangkan kegiatan try dharma dalam bidang Ekonomi dan Bisnis Islam yang sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, relawan dengan kebutuhan bangsa dan berbasis pada tradisi keilmuan Islam yang intergralistik
  • Mengembangkan Nilai-nilai Akademik yang universal, jujur objektif dan bertanggung jawab dalam Ekonomi dan Bisnis Islam.

Oraganisasi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah

Terdapat dua organisasi resmi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pertama Dewan Mahasiswa Fakultas (DEMAF), Kedua Himpunan Mahsiswa Jurusan (HMJ) Meliputi Ekonomi Islam, D3 Perbankan Syariah, S1 Syariah, dan Manajemen Zakat dan Wakaf. Juga terdapat dua Badan Semi Otonom (BSO) diantaranya Pusat Kajian Ekonomi Islam (PAKIES) dan Lembaga Akuntansi dan Bahasa (LATANSA).

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam menjadi fakultas yang sering melakukan seminar untuk para mahasiswanya yang dipelopori oleh perusahan-perusahan bonafit seperti Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Badan Pengawas Keuangan, dan lembaga-lembaga keuangan lainnya. Sehingga membuat mahasiswa menjadi lebih aktif dan interaktif. Penulis dalam artikel ini adalah Faridha Anom. Trimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *