6+ Kampus Terbaik di Kota Binjai

Kampus Terbaik di Kota Binjai

Berada di provinsi Sumatera Utara, Kota Binjai terletak sekitar 22 kilometer sebelah barat Medan. Sebelum berstatus sebagai kotamadya seperti sekarang, Binjai adalah ibukota Kabupaten Langkat. Masyarakat mengenal Binjai sebagai produsen rambutan karena memang menjadi komoditi unggulan.

Bacaan Lainnya

Dianggap strategis dan jadi pintu gerbang Medan dari Provinsi Aceh, menemukan daftar nama kampus di Kota Binjai bukanlah sesuatu yang sulit.

Kota Binjai sendiri terbagi atas lima kecamatan yang secara total terdiri dari 37 kelurahan dan desa. Kelima kecamatan itu adalah Binjai Kota, Binjai Utara, Binjai Selatan, Binjai Barat dan Binjai Timur.

Kendati pusat pemerintahan Binjai ada di Binjai Kota, ternyata daftar nama kampus di Kota Binjai justru banyak ditemukan di Kecamatan Binjai Utara dan Kecamatan Binjai Kota yang memang jadi pusat keramaian penduduk.

Daftar Perguruan Tinggi di Binjai

Mayoritas dalam daftar nama kampus di Kota Binjai, memang merupakan sekolah tinggi swasta. Sedikit berbeda dengan universitas dan institut, sekolah tinggi hanya terdiri dari satu fakultas dan terbagi dalam beberapa jurusan yang saling berkaitan.

Lantaran merupakan sekolah tinggi swasta, tentunya biaya yang ditawarkan cukup berbeda dengan universitas negeri tetapi memiliki kualitas yang tidak bisa diremehkan.

  1. STIE Pelita Bangsa

Salah satu kampus pilihan masyarakat Binjai ini adalah STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) Pelita Bangsa. Berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan No.92, Kebun Lada, Kecamatan Binjai Utara

  1. STMIK Kaputama

STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Kaputama (Karya Putra Utama) ini adalah salah satu kampus unggulan di Binjai. Beralamat di Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota.

STMIK Kaputama termasuk daftar nama kampus di Kota Binjai yang berhasil lulus Akreditasi B. STMIK Kaputama menawarkan dua jenjang program studi yakni Sarjana (S1) dan Ahli Madya (D3).

Untuk program studi S1, calon mahasiswa bisa memilih Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Sementara program D3, masyarakat Binjai memperoleh tawaran Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi.

Sebagai perguruan tinggi swasta, STMIK Kaputama menawarkan fasilitas gedung belajar yang berkualitas sehingga menjamin kenyamanan para mahasiswa.

  1. STKIP Budi Daya

Termasuk kampus yang ada di Kecamatan Binjai Utara, STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Budi Daya tepatnya berlokasi di Jl. Gaharu No. 147, Jatimakmur.

STKIP Budi Daya menawarkan program studi yang berkaitan dengan kependidikan yakni Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

  1. STMIK Methodist Binjai

Berlokasi di Jl. Gatot Subroto No.255, kawasan Bandar Senembah, Kecamatan Binjai Barat, STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Methodist memang termasuk perguruan tinggi baru di Binjai. Namun dengan komitmen yang kuat, STMIK Methodist berambisi menjadi perguruan tinggi terbaik di Kota Binjai dalam bidang informatika pada tahun 2022.

Setidaknya ada empat program studi yang ditawarkan oleh STMIK Methodist Binjai ini Sistem Informai, Teknik Informatika, Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi.

Empat program studi yang bisa dipilih calon mahasiswa ini seakan menguatkan tujuan STMIK Methodist untuk membuat kehidupan masyarakat yang lebih melek teknologi, terutama generasi muda Binjai.

  1. STIT Al Jam’iyatul Washliyah

Pemeluk agama mayoritas di Kota Binjai adalah Islam dengan demografi suku Jawa dan Melayu. Tak heran kalau dalam daftar nama kampus di Kota Binjai, ada perguruan tinggi Islam yakni STIT (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah) Al Jam’iyatul Washliyah. Kampus ini sendiri berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan No.144, 146, 148, kawasan Kebun Lada, Kecamatan Binjai Utara.

  1. STAI Syekh H Abd Halim Hasan Al-Islahiyah

Kampus bernafaskan Islam berikutnya yang bisa jadi pilihan untuk mempelajari agama tersebut adalah STAIS (Sekolah Tinggi Agama Islam) Syekh H Abd. Halim Hasan Al-Islahiyah. Berlokasi di Jl. IR. H. Juanda No.5, STAI Syekh H Abd. Halim Hasan Al-Islahiyah ada di kawasan Timbang Langkat, Kecamatan Binjai Timur.

Tentunya dari beberapa kampus yang masuk dalam daftar nama kampus di Kota Binjai dan sudah dibahas di atas, mempunyai keunggulan masing-masing. Lantaran lebih terkonsentrasi pada bidang keilmuan, calon mahasiswa di Binjai tentunya bisa memilih sesuai dengan minat, bakat dan tentunya cita-cita.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *