5+ Kampus dengan Jurusan Psikologi Paling Bergengsi di Indonesia

Kampus dengan Jurusan Psikologi Paling Bergengsi di Indonesia

Psikologi merupakan salah satu jurusan yang masih menjadi favorit siswa lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), ataupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Alasan mereka lebih menaruh minat pada jurusan psikologi tidak terlepas dari anggapan keren orang-orang di luar sana.

Bacaan Lainnya

Di sisi lain Psikologi identik dengan orang yang mampu membaca karakter sehingga membuat orang kagum. Oleh karena itulah Radar Edukasi akan mengulas 5 Kampus dengan Jurusan Psikologi terbaik yang ada di Indonesia.

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Siapa yang tidak tahu fakta Universitas Gadjah Mada (UGM)? Ada sebagian besar siswa lulusan sekolah menengah yang menaruh minat pada universitas bergengsi ini. Terlebih lagi jurusan psikologi yang telah berhasil menelurkan banyak orang sukses di Indonesia. Kamu dapat melihat ada banyak alumni psikologi UGM yang muncul di televisi maupun acara-acara besar lainnya.

Guru besar UGM juga diketahui aktif menulis buku dan tetap berkontribusi untuk perkembangan ilmu psikologi di Indonesia. Ketika kamu bercita-cita untuk mencari ilmu di UGM, maka kamu sudah wajib untuk bersiap-siap karena persaingannya sangat ketat.

Jurusan psikologi milik UGM telah mendapatkan akreditasi terbaik di Indonesia. Materi perkuliahan yang ada di UGM bisa kamu dapatkan dari dosen hebat. Fasilitas UGM sangat lengkap, selain itu kamu juga dapat mengikuti kegiatan kemahasiswaan yang akan meningkatkan kemampuanmu. Bersiaplah untuk menghadapi ujian masuk UGM jika kamu berminat!

  1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia juga termasuk kampus terbaik di Indonesia yang memiliki jurusan psikologi. Jadi, kamu yang berdomisili dekat dengan UI bisa langsung memilih jurusan psikologi UI. Fakultas psikologi di UI telah berdiri sejak tahun 1960 yang artinya sudah banyak alumni dan orang sukses lahir dari fakultas tersebut.

Ada banyak tokoh penting yang berasal dari kampus ini seperti Slamet Iman Santoso, Seto Mulyadi dan lainnya. Lokasi kampus yang strategis juga menjadi salah satu alasan banyaknya orang memilih Universitas Indonesia sebagai tempat menimba ilmu. Fasilitas yang ada di Universitas Indonesia sangar lengkap sehingga menjadi daya tarik sendiri bagi para lulusan sekolah menengah.

Suasana belajar psikologi di UI akan terasa berbeda dengan kampus lainnya. Mahasiswa psikologi UI tidak hanya berasal dari Jakarta, tapi juga penduduk luar Jakarta. Mereka menjadikan UI sebagai pilihan pertama untuk mengenyam ilmu psikologi.

  1. Universitas Airlangga (UNAIR)

Jurusan psikologi juga ada di Universitas Airlangga (UNAIR). Bagi kamu yang ingin mengenyam pendidikan ilmu psikologi, maka segera daftarkan diri. Kamu dapat belajar teori kelas dari dosen yang berpengalaman hingga menjalani praktikum di laboratorium lengkap dengan fasilitas.

Kamu pasti akan bangga karena kuliah di perguruan tinggi di jurusan psikologi dengan bidang industri terbaik di Indonesia. Apalagi saat ini program studi psikologi telah mendapatkan akreditasi A yang berlaku hingga 29 Juli 2021.

Syarat masuknya, lulusan SMA maksimal 2 tahun terakhir dari jurusan IPA , IPS maupun program vokasi. Kamu juga harus lulus tes seleksi terlebih dahulu. Lalu, calon mahasiswa harus memiliki nilai TOEFL minimal 550 atau nilai IELTS minimal 5.5.

  1. Universitas Padjajaran (UNPAD)

Universitas yang paling populer di Bandung adalah Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjajaran (UNPAD). Jika kamu berminat untuk kuliah di jurusan psikologi maka bisa memilih UNPAD. Universitas ini memiliki jurusan psikologi yang dikenal bagus di kalangan masyarakatnya setempat maupun Indonesia.

Universitas tersebut juga telah berhasil melahirkan berbagai tokoh terkenal dan lulusan terbaik di kancah nasional. Kamu dapat melihat ada banyak karya yang dihasilkan oleh alumni UNPAD. Agar bisa menempuh pendidikan di UNPAD, kamu wajib mengikuti ujian masuk mandiri maupun ujian masuk yang diselenggarakan serentak tingkat nasional.

Perihal akreditas jurusan, kamu tidak perlu ragu karena telah terakreditasi A. Jurusan psikologi UNPAD dibangun khusus untuk para mahasiswa yang memiliki minat yang kuat dalam memahami perilaku manusia serta fungsi psikologi melalui pendekatan biopsikososial. Luar biasa, bukan?

  1. Universitas Gunadarma

Perguruan tinggi swasta yang satu ini telah menerima akreditas A. Apabila kamu berminat menjadi seorang psikolog, maka universitas ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Lokasi kampus ada di kawasan Depok, Jawa Barat.

Jurusan psikologi di Universitas Gunadarma dibuka dengan tujuan meningkatkan mutu dan daya saing sumber daya manusia Indonesia dalam menghadapi era globalisasi. Harapannya para lulusan dapat menjadi alumni dan calon pekerja yang unggul dengan nilai terbaik sebagai pelaku ekonomi. Hal itu tentunya dengan mempertimbangkan berbagai aspek, khususnya psikologi.

Psikologi bukanlah jurusan yang mudah untuk ditempuh selama 8 semester. Kamu perlu memahami perihal manusia dengan mempertimbangkan latar belakangnya. Dunia psikologi penuh dengan cara memahami dan mengerti tingkah polah manusia. Jadi, apabila kamu berminat untuk mencari ilmu di jurusan tersebut maka mulailah dari awal untuk belajar memahami sesama.

Nah, itulah tadi serangkaian informasi yang bisa diberikan terkait dengan informasi tentang kampus yang ada jurusan psikologi terbaik di Indonesia. Semoga bermanfaat ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *