8+ Fakta Jurusan KPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Yang Harus Kamu Baca!

Fakta Jurusan KPI UIN Sunan Kalijaga

Komunikasi Penyiaran Islam atau biasa disingkat dengan KPI. KPI memang terdengar asing di telinga masyarakat, benar atau betul?. Yaps saya sendiri sebelum menjadi mahasiswa di jurusan KPI ini juga belum seberapa mengetahui apa itu singkatan KPI? Bahkan ada beberapa yang mengatakan singkatan dari KPI adalah Komisi Penyiaran Indonesia hingga Komisi Perlindungan Indonesia.

Bacaan Lainnya

Baik disini saya akan menjabarkan apa sih Fakta Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam. Sebelumnya Mungkin banyak yang bertanya mengapa tidak sekalian Jurusan Ilmu Komunikasi saja? Apa perbedaanya? Mengapa Komunikasi Penyiaran Islam harus memakai embel kata ‘Islam’ di akhir katanya. Selengkapnya tertuang di bawah ini dalam 8 Fakta Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam UIN Sunan Kalijaga

Fakta Jurusan KPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Berikut adalah fakta-faktanya;

  1. Jurusan KPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Memiliki Visi: Terdepan dalam pengkajian dan pengembangan ilmu-ilmu komunikasi dan penyiaran islam yang berparadigma islam. Selain itu Jurusan KPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta juga Memiliki Misi: menyelenggarakan pendidikan ilmu keislaman dan komunikasi penyiaran untuk membentuk sarjana yang berkualitas, professional, dan berakhlak mulia, mengembangkan penelitian di bidang komunikasi dan penyiaran, meningkatkan peran serta pada pengabdian masyarakat dalam aktivitas dakwah, memperluas jaringan kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengoptimalkan tridharma perguruan tinggi
  2. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam merupakan salah satu jurusan yang berada di bawah Fakultas Dakwah dan Komunikasi, yang menawarkan studi ilmu komunikasi yang terintegrasi dengan penyiaran dakwah Islam.
  3. Jurusan KPI ini memiliki kurikulum mata kuliah wajib yang disepakati dalam forum ASPIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi), seperti Ilmu Komunikasi, Teori Komunikasi, Filsafat dan Etika Komunikasi, Komunikasi Politik, Desain Komunikasi Visual, Sosiologi Komunikasi, Manajemen Media Massa, Metodologi Penelitian Komunikasi Kualitatif, Sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi, Statistik Sosial. Yang semua itu dapat disejajarkan dengan jurusan Ilmu Komunikasi.
  4. Mahasiswa jurusan KPI juga dinilai lebih unggul dalam penguasaan ilmu agama Islam. Mahasiswa diberi bekal mata kuliah keagamaan seperti Akhlak dan Tasawuf, Al-Qur’an dan Hadits, Pengantar Studi Islam, Ilmu Dakwah, Sejarah Dakwah, Tauhid, Ushul Fiqih, Hadits Dakwah, Tafsir Ayat Dakwah, Fikih dan Ushul Fikih, Fikih Al-dakwah, dan Fikih Kontemporer. Sehingga lebih mampu memahami masyarakat Indonesia yang notabennya beragama mayoritas islam. Biasanya mata kuliah ini berlangsung dari semester 1 hingga semester 3.
  5. Jurusan KPI memiliki dua konsentrasi yaitu Jurnalistik dan Broadcasing yang masing-masing dari keduanya dapat dipilih oleh mahasiswa itu sendiri saat semester 5.
  • Jurnalistik berasal dari kata journal yang mempunyai arti catatan harian atau catatan mengenai kejadian sehari-hari. konsentrasi ini lebih menjurus ke wartawan handal, praktisi media, maupun analisis media massa. Mata kuliah dalam konsentrasi ini selain yang disebutkan sebelumnya adalah: Jurnalistik cetak, Jurnalistik Online, Jurnalistik Investigatif, Hukum dan Etika Jurnalistik, Fotografi jurnalistik, Reportase, Penulisan Artikel, Penulisan fiksi, Penulisan Feature, Manajemen Media Massa, Manajemen Redaksi, dan lain sebagainya.

Jadi Konsentrasi Jurnalistik tidak hanya terfokus dalam dunia kepenulisan saja tetapi mencakup dalam hal lainnya seperti Fotografi Jurnalistik, Manajemen Media Massa dan Redaksi, dan lain sebagainya.

  • Broadcasting, sementara dalam konsentrasi ini lebih cenderung dalam hal penyiaran baik itu siaran radio maupun televisi. Mata kuliah pokok dari konsentrasi Broadcasting meliputi: Hukum dan Etika Penyiaran, Jurnalistik Penyiaran, Reportase radio/TV, Newscasting, Editing Siaran Radio/TV, Sinematografi, Analisis Siaran Radio/TV, Produksi Acara Radio/TV, dan Manajemen Siaran.

So, singkatnya saja bagi yang hobi atau ingin menjadi seorang wartawan dan suka hal-hal yang berbau tulis menulis disarankan untuk memilih konsentrasi Jurnalistik. Dan sebaliknya, bagi yang hobi atau ingin menjadi seorang Presenter, Produser penyiaran sebuah TV dan hal-hal yang memiliki sangkut pautnya dengan dunia pertelevisian dan radio disarankan untuk memilih konsentrasi Broadcasting.

  1. Memiliki fasilitas pendukung selain fasilitas yang ada didalam kampus, yaitu dengan adanya PPTD (Pusat Pengembangan Teknologi Dakwah). Sebenarnya fasilitas PPTD ini tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam saja tetapi pada seluruh mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi. PPTD menaungi 3 komunitas yaitu Sunan Kalijaga TV (SUKA TV), Radio Siaran Dakwah (RASIDA), komunitas Fotografi (DIFIKOM), Lab Komputer dan Grafika. Di PPTD juga sudah terhubung akses Wi-Fi dan Internet, AC, dan Mushola.
  2. Terakhir, perbedaan Jurusan Ilmu Komunikasi, dan Komunikasi Penyiaran Islam di UIN Sunan Kalijaga sebenarnya hampir mirip namun tak kembar, yang hanya terletak pada konsentrasi. Di Ilmu Komunikasi memiliki 2 konsentrasi Periklanan dan Public Relation, sedangkan Komunikasi Penyiaran Islam memiliki Jurnalistik dan Broadcasting. Kemudian pendekatan keilmuan agama yang lebih banyak dan rinci kepada Komunikasi Penyiaran Islam.
  3. Komunikasi Penyiaran Islam secara kelembagaan telah terakrediasi oleh BAN-PT kementerian Pendidikan Nasional dengan nilai “A”. nah, maka dari itu apabila jurusan KPI sudah terakreditasi A tidak dapat dipungkiri bahwa KPI sudah memenuhi penilaian akreditasi yaitu Kurikulum dari setiap program pendidikannya, Jumlah dosen/tenaga pendidiknya, Keadaan Mahasiswanya, Koordinasi pelaksanaan pendidikannya, Sarana dan prasana pendidikannya, dan Kesiapan administrasi akademik, kepegawaian, keuangan, dan rumah tangga dari UIN Sunan Kalijaga

Demikianlah tulisan mengenai Jurusan KPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang ditulis oleh Anissa Maharani. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencari Info Jurusan KPI UIN Suka Yogyakarta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar