Perkiraan Biaya Hidup Mahasiswa di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dalam 1 Bulan

Biaya Hidup Mahasiswa di Universitas Jenderal Soedirman

Universitas Jenderal Soedirman ini disingkat menjadi Unsoed adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Universitas ini berdiri pada tanggal 23 September 1963. Jenderal Soedirman ini diambil dari nama Panglima Besar Jenderal Soedirman adalah pahlawan nasional yang lahir di Banyumas, nama ini diambil untuk mengenang jasanya pada nusa dan bangsa . Universitas Jendral Soedirman ini juga menjadi universitas tertua kedua di Jawa Tengah dan menjadi salah satu universitas bergengsi di Indonesia dengan peminat yang cukup banyak.

Bacaan Lainnya

Kampus ini cukup luas dan letaknya yang cukup geografis letaknya berada di ketinggian, di kaki Gunung Slamet, bagian utara Purwokerto. Tempatnya yang sejuk, yang letaknya tidak berada ditengah keramaian kota sehingga nyaman untuk kegiatan belajar mengajar dengan biaya hidup yang terjangkau. Universitas ini berakreditasi A, Berdasarkan Surat Keputusan Nomor 465/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 UNSOED dinyatakan terakreditasi “A”. Surat keputusan tersebut berlaku hingga tahun 2023. Dan Universitas Jenderal Soedirman juga tercatat menjadi salah satu dari 10 besar PTN terfavorit di Indonesia.

Biaya Hidup di Unsoed

Kota Purwokerto yang terletak di Kabupaten Banyumas ini terkenal dengan biaya hidup yang paling murah. Dan kota ini masuk sebagai kota yang biaya hidupnya paling murah. Kota ini juga cocok sebagai kota para pelajar karena biaya hidupnya yang relatif murah.

Namun dapat kita lihat walapun biaya hidup di kota Purwokerto, Banyumas ini sangat murah tetapi dapat kita lihat dari biaya hidup dan kebutuhan mahasiswa dan mahasiswi yang berbeda-beda. Mulai dari bagaimana mereka memilih makanan, tempat tinggal dan kebutuhan lainnya.

Terkadang ada mahasiswa atau mahasiswi yang memiliki kebutuhan yang cukup banyak. Maka dari itu butuh perencanaan sebelum tinggal atau berkuliah disana

Taksiran Biaya Hidup Mahasiswa di Unsoed

Untuk biaya tempat tinggal pada umum nya di Unsoed ini bagi mahasiswa dan mahasiswi tergantung pada mereka yang mencari kost. Semakin berjalannya waktu kost di sekitar Unsoed ini relatif mahal namun ada juga yang bisa mendapatkan harga lebih murah, tergantung fasilitas nya. Mulai dari harga Rp 500 sampai 1 juta /bulan. Untuk harga Rp.500.000 biasanya memiliki fasilitas kamar mandi luar dan untuk Rp 1 juta perbulan ini biasanya berfasilitaskan AC.

Biaya kost di Unsoed juga ada yang di hitung 6 bulan bahkan pertahun. Untuk pertahun biasanya kisaran harga 3 sampai 5 juta pertahun dan 2 juta/semester atau 6 bulan . Memang harganya lebih murah jika memilih untuk pertahun.

Biaya Tempat Tinggal

Jika fasilitas lebih bagus biasanya biaya kost tersebut lebih mahal. Ada juga dengan harga 5 juta per-enam bulan tetapi fasilitas yang dimiliki cukup lengkap dengan ruang tamu, security dan lain-lain. Namun tergantung para mahasiswa atau mahasiswi tersebut memilih tempat tinggal. Biasanya mereka yang merantau memilih untuk biaya kost yang paling murah.

  1. Biaya Makan

Makan dan minum adalah kebutuhan yang primer. Taksiran biaya makan juga tergantung pada kebutuhan dan porsi makan orang tersebut. Juga tergantung pada cara orang tersebut mengelola biaya tersebut namun yang pasti biaya satu kali makan di dekat Unsoed sekitar 10 ribu.

Ada juga yang menghabiskan 50 ribu untuk 3 kali makan . Maka dari itu biayaa makan ini tergantung pada mahasiswa atau mahasiswi itu sendiri. Biasanya mereka memilih tempat tinggal yang dekat dengan banyak tempat makan sehingga tidak bosan dengan menu menu itu saja. Cara yang lebih hemat lagi biasanya mereka memilih untuk masak sendiri dan sesuai apa yang mereka inginkan.

  1. Biaya Transportasi

Jika kalian memilih kost yang dekat dengan kampus Unsoed ini maka kamu akan terbebas darii biaya transportasi. Apabila kalian ingin berpergian ke suatu tempat atau memiliki tempat tinggal yang jauh kalian harus menggunakan ojek online.

Mahasiswa dan mahasiswi juga bisa menggunakan angkutan umum yang memiliki biaya 10 ribu/pp. Dengan begitu mahasiswa dan mahasiswi mengeluarkan ongkos sekitar 150 ribu . Akan tetapi saat ini banyak mahasiswa atau mahasiswi yang memiliki kendaraan pribadi dan biaya yang di keluarkan pun lebih hemat dan bebas mau pergi kemana saja.

  1. Biaya Lain-Lain

Biaya lain-lain ini adalah biaya untuk jalan-jalan atau hal-hal yang lainnya. Untuk setiap orang ini berbeda-beda tergantung pada kebutuhan mahasiswa dan mahasiswi tersebut. Bisa juga tergantung apa jurusan yang di ambil biasanya ada beberapa jurusan yang memang mengeluarkan biaya.

Disela-sela kuliah biasanya mahasiswa dan mahasiswi ingin pergi jalan jalan seperti nongkrong atau liburan. Untuk sekali nongkrong di cafe cukup mengeluarkan 30 ribu sampai 100 ribu sekali keluar. Jika kamu pergi jalan jalan sekali dalam seminggu berarti kamu mengeluarkan 400 ribu perbulannya.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan dapatlah dikesimpulkan bahwa taksirkan untuk biaya hidurp di Universitas Jendral Soedirman Banyumas untuk perbulannya 2 juta sampai 5 juta sudah termasuk biaya makan, biaya tempat tinggal dengan fasilitas lengkap, biaya transportasi dan biaya lain-lainnya seperti hangout dan kebutuhan kuliah lainnya. Jadi sebagai anak perantauan harus bisa membagi uang agar semua kebutuhan dapat terpenuhi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *