4+ Tips Lolos PKN STAN yang Harus Kamu Baca!

Cara Lolos PKN STAN

Hallo calon mahasiswa
Tau gak sih apa itu PKN STAN?
Pasti tau lah yaaa.
Jadi, PKN STAN adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan di Indonesia yang berada di bawah Kementerian Keuangan. PKN STAN terdiri dari beberapa prodi yaitu prodi perpajakan, prodi penilai (sekarang bergabung dengan prodi perpajakan), prodi kepabeanan dan cukai, prodi akuntansi, serta prodi manajemen keuangan (terdiri dari prodi kebendaharaan Negara dan prodi manajemen asset).

Baca Juga: 7 Fakta Kuliah di Kampus STAN yang Mengagumkan!

Tau juga gak sih, kalau PKN STAN itu kuliahnya gratis?
Jadi buat kalian yang ingin meringankan beban orang tua kalian, PKN STAN 100% siip deh buat jadi pilihan setelah lulus dari bangku SMA.
Dan enaknya juga, lulusan PKN STAN akan langsung bekerja dan ditempatkan di instansi- instansi Kementerian Keuangan lho… Tapi, sekarang memang ada kebijakan baru dimana lulusan PKN STAN juga akan ditempatkan di instansi kementerian lain seperti kementerian perhubungan, Pemerintah Daerah, BNN dan instansi pemerintah lainnya.
Tapi, walaupun demikian, kalian tidak perlu kawatir. Karena, dimanapun kita kelak bekerja yang terpenting adalah kita bermanfaat untuk bangsa ini. Yey, aamiin.
Jadi, masih tidak yakin buat masuk PKN STAN?
Oh ya, back to the topic, jadi gimana sih cara kita biar bisa jadi mahasiswa PKN STAN?
Jadi, kuncinya adalah kalian harus lulus dahulu rangkaian tes yang diadakan PKN STAN dan by the way, setiap tahun PKN STAN memegang rekor sebagai perguruan tinggi dengan jumlah pendaftar terbanyak lho.. Jadi, persiapkan dirimu ya guys.
Ok, berikut ada tips dari Aku buat kalian yang ingin masuk PKN STAN.

Tips-Tips Lolos di PKN STAN

Setidaknya ada 4 Tips agar kamu lolos menjadi salah satu Mahasiswa di PKN STAN, diantarnya sebagai berikut?
Perkuat Niat
Jadi hal pertama yang harus kalian persiapkan adalah niat guys. Karena, dengan niat kita akan memunyai tujuan yang ingin dicapai. Niat juga membuat kita tidak pantang menyerah dan memiliki motivasi untuk berhasil. Sedikit pengalamanku, dulu ketika mempersiapkan materi PKN STAN Aku merasa nol besar (tidak mengerti apa- apa).
Tapi karena aku memunyai niat untuk bisa diterima di PKN STAN, maka aku lakukan apapun dan memotivasi diriku sendiri. Walaupun awalnya susah tapi lama- kelamaan kita akan terbiasa. Bukankah sebuah keberhasilan diperoleh dengan cara yang sulit?
Terus Berlatih dan Mengembangkan Materi 
Tahap pertama untuk tes PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) PKN STAN adalah Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris. Jadi, buat kalian yang benar- benar ingin masuk PKN STAN, kalian harus rajin- rajin mengerjakan latihan soal PMB PKN STAN. Tenang, gak ada soal kimia, dan fisika nya.
Saranku, kalian harus sering- sering latihan soal PKN STAN dari tahun lalu. Karena, dari pengalamanku sendiri soal- soal yang diujikan di PKN STAN itu mirip banget. Hanya saja, beberapa materi dikembangkan. Bahkan dulu aku sampai belajar soal tes PKN STAN dari tahun kelahiranku, tahun 1998. Ambis bukan? Haha
Selain itu, kalian harus rajin dan pandai- pandai mengatur waktu. Setiap ada jam kosong di kelas, gunakanlah untuk mempelajari materi- materi PKN STAN. Karena ingat, materi PKN STAN tidak diajarkan di SMA. 
Oh iya, mulai tahun 2016 lalu, PKN STAN juga memberikan tes berupa TKD (Tes Kompetensi Dasar). Tes ini diadakan di tahap ketiga. Jadi kalian juga harus semangat belajar TKD nya ya.
Olahraga yang Teratur
Selain baik untuk kesehatan, olahraga ini penting guys buat kita di tes PKN STAN. Pasalnya, di tahap kedua tes adalah tes kesehatan dan kebugaran. Tes ini meliputi medical check terkait kesehatan kita seperti tes mata, tekanan darah, berat badan, tinggi badan, gigi, varises, dsb.
Selanjutnya, setelah dinyatakan sehat maka kita baru boleh lanjut tes kebugaran. Tes kebugaran ini juga tidak gampang lho guys. Kalian harus berlari mengelilingi lapangan dibawah naungan sang matahari selama 12 menit dan lari zig- zag membentuk angka 8 sebanyak tiga kali.
Saranku, ketika kalian lari di lapangan selama 12 menit, kalian harus tetap berlari dan jangan berhenti. Ketika lelah, tetaplah berlari walaupun dengan kecepatan yang berkurang karena jika kalian berhenti maka kalian akan membutuhkan tenaga yang besar untuk memulai berlari kembali dan menurutku itu merugikan guys.
Lalu, untuk lari zig- zag kalian harus berusaha untuk berlari secepat- cepatnya dan usahakan tidak merobohkan tongkat yang digunakan sebagai acuan untuk membentuk angka 8. Jadi, tetaplah berlatih ya guys. Keep Fighting
Doa Orang Tua
Tahukah kalian bahwa doa orangtua adalah factor utama yang menentukan keberhasilan kalian? Orangtua adalah symbol ketulusan dan kasih sayang. Sayangilah kedua orangtua kita melebihi kita menyayangi diri kita sendiri. Dan jangan lupa, minta doa dari orangtua untuk keberhasilan dan kesuksesan kita. Ingatlah, bahwa usaha kita akan terasa lebih mudah dengan restu mereka.
Ok, jadi itu saja sih guys tips lolos PKN STAN dari aku. Jangan lupa dipraktekkan yaa. Karena ilmu menjadi percuma jika kita tidak mengimplementasikannya. Perkuat niat dan motivasi diri kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat bagi bangsa ini. Dan Aku juga akan berdoa semoga kalian diberikan yang terbaik oleh Allah SWT. Keep fighting. Penulis dalam artikel ini adalah Selma Andini. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar