5+ Fakta UINSA (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya) yang Harus Kamu Baca!

Fakta UINSA (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)

Universitas Islam Negeri Surabaya atau biasa disingkat UINSA. Terletak di Jalan Jenderal A. Yani 117 Surabaya. Secara geografis, UINSA terletak pada area yang sangat strategis karena dilewati berbagai macam angkutan umum seperti bis dan lain sebagainya. UINSA juga dijuluki kampus hijau karena mayoritas bangunan yang berada di lingkungan kampus berwarna hijau.

Bacaan Lainnya

Fasilitas UINSA (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)

Berbicara fasilitas di kampus UINSA sendiri cukup lengkap. Diantaranya ada gedung yang wajib ada yaitu Rektorat. Kemudian ada Sport Center and Multipurpose yaitu gedung olahraga dan tempat untuk para mahasiswa atau dari luar UIN SA yang ingin mengadakan event seminar, lomba dan lain sebagainya. Ada pula Auditorium yaitu bangunan atau ruangan besar yang digunakan untuk mengadakan pertemuan umum, pertunjukan, dan sebagainya.

  1. Loboratorium dan Perpustakaan di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kemudian ada laboratorium bahasa asing di P2B (Pusat Pengembangan Bahasa). Dan yang paling fundamental adalah Perpustakaan. Di UIN SA sendiri ada perpustakaan yang koleksi buku-buku, jurnal-jurnal dan lainnya yang lumayan lengkap mulai dari berbagai disiplin ilmu ada semua. Dan masih banyak lagi fasilitas kampus UINSA yang bisa dimaksimalkan dan dioptimalkan para mahasiswa untuk mengasah team work dalam berorganisasi maupun intelektual dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

  1. Fakultas di UINSA (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)

Sementara dari sisi fakultas di kampus UIN SA, dikarenakan beberapa tahun kemarin ada peralihan dari IAIN SA berganti ke UIN SA. Maka secara tidak langsung harus menambah beberapa program studi atau jurusan.

Di Kampus UIN SA terdapat kurang lebih 8 Fakultas. Ada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF), Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM), Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek), Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), dan Fakultas Psikologi.

  1. UINSA Mengajarkan Akademik, Organisasi, dan Kewirausahaan.

Di kampus UIN SA tidak hanya berkutat pada kegiatan akademik maupun organisasi saja. Tetapi di UIN SA juga diajarkan berwirausaha atau enterprenuer. Dengan adanya Pusat Bisnis UIN SA yang terinternalisasi dalam bentuk UINSAMART. Tempat para mahasiswa bisa membeli atau berjualan pernak pernik khas UIN SA, seperti kaos, gantungan kunci, bros, pin yang berlogo UIN SA.

  1. Kegiatan Mengaji Indonesia di UINSA

Sebagai informasi tambahan bahwasanya di UIN SA setiap tiga bulan sekali diadakan kegiatan UIN SA Mengaji Indonesia yang langsung diinisiasi oleh Bapak Rektor. Dengan diadakan kegiatan semacam ini bisa menambah rasa cinta terhadap tanah Air Indonesia. Dan sebagai tindakan preventif dari ideologi-ideologi yang bertentangn dengan UUD 1945 dan Pancasila.

Bahwasanya Islam dan Nasionalisme harus saling melengkap dan berjalan beriringan. Agama dan negara tidak boleh dipisahkan, karena apabila agama dan negara dipisahkan maka akan terjadi konflik yang tidak berkesudahan di Timur Tengah.

Demikianlah tulisan mengenai Fakta UINSA (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya) yang ditulis oleh Khoirurroziqin. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan informasi dan wawasan kepada setiap pembaca sekalian. Trimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *