10+ Fakta Jurusan Manajemen Keuangan di Politeknik Keuangan Negara STAN

Fakta Jurusan Manajemen Keuangan di Politeknik Keuangan Negara STAN

Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN adalah salah satu Kampus Ikatan Dinas yang sampai saat ini menjadi rujuakan bagi Lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat di Indonesia. Sebagai Sekolah Kedinasan PKN STAN memiliki Jurusan Manajemen Keuangan sebagai salah satu Jurusan Terbaik di kampus ini.

Bacaan Lainnya

Fakta-Fakta Manajemen Keuangan PKN STAN

  1. Sebagai pengenalan kepada para pembaca, berikut inilah berbagai fakta mengenai Jurusan Manajemen Keuangan di Politeknik Keuangan Negara STAN, diantaranya;
  2. Jurusan Manajemen Keuangan merupakan salah satu dari 4 jurusan di Politeknik Keuangan Negara STAN yang diresmikan pada tahun 2015 bersamaan dengan berubahnya Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) menjadi Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN. Jurusan ini merupakan penggabungan dari 2 spesialisasi yang telah ada sebelumnya yaitu Kebendaharaan Negara dan Manajemen Aset.
  3. Jurusan Manajemen Keuangan di Politeknik Keuangan Negara STAN saat ini terdiri atas 3 Program Studi, yaitu : Program Studi Diploma Tiga (III) Kebendaharaan Negara, Program Studi Diploma Tiga (III) Manajemen Aset, dan Program Studi Diploma Satu (I) Kebendaharaan Negara.
  4. Keilmuan yang dipelajari di jurusan Manajemen Keuangan bersifat eksklusif di Indonesia karena PKN STAN adalah satu-satunya kampus yang memiliki program studi (Prodi) ilmu Kebendaharaan Negara dan salah satu dari dua kampus yang mempelajari ilmu Manajemen Aset.
  5. Program Studi Kebendaharaan Negara memfokuskan keilmuan pada bidang keuangan negara antara lain, mekanisme pendapatan dan belanja negara, mekanisme pengelolaan keuangan negara, perencanaan anggaran, penyusunan, sampai kepada pelaporan dan pertanggungjawabannya.
  6. Program Studi Manajemen Aset memfokuskan keilmuan pada bidang pengurusan piutang dan lelang yang menjadi hak negara. Program Studi Manajemen Aset ini biasa disebut sebagai & quot; hukumnya PKN STAN & quot;. Karena mata kuliah yang dipelajari meliputi hukum perusahaan, pertanahan, perdata juga dipelajari untuk menindaklanjuti aset-aset yang dinilai. Juga mata kuliah pokok seperti penilaian aset dan properti, pengetahuan lelang, pengelolaan BMN hingga pengelolaan Kekayaan Negara.
  7. Lulusan Program Studi Kebendaharaan Negara dapat ditempatkan di Kementerian Keauangan di bawah naungan DJPB (Direktorat Jenderal Perbendaharaan) dan DJA (Direktorat Jenderal Anggaran). Namun, masih banyak instansi yang membutuhkan lulusan dari spesialisasi ini antara lain BPK, BPPK, ataupun instansi lainnya seperti DJP (Direktorat Jenderal Pajak), DJPK (Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan), dan lain-lain.
  8. Sebagian besar lulusan Program Studi Manajemen Aset akan ditempatkan di Kementerian keuangan di bawah naungan DJKN (Direktorat Jenderal Kekayaan Negara). Dimana nantinya lulusan tersebut dapat bertugas sebagai pejabat/juru sita, penilai, dan pemeriksa, pejabat pengurusan piutang dan lelang negara.
  9. Jurusan Manajemen Keuangan  memiliki organisasi kemahasiswaan bernama HIMA MANKEU (Himpunan Mahasiswa Manajemen Keuangan) sebagai salah satu badan kelengkapan KM PKN STAN dan juga sebagai wadah bagi kegiatan-kegiatan di dalam jurusan maupun penghubung dengan pihak di luar jurusan.
  10. Dahulu, Kebendaharaan Negara dan Manajemen Asset adalah dua spes yang tak saling peduli. Bersaing tuk banggakan warna kebesaran, slogan kehandalan, dan calon instansi impian, kini mereka telah bertransformasi. Merobohkan benteng penghalang, membaurkan segala perbedaan, menyatukan dua menjadi satu. Kami menjadi kita. Mahasiswa Manajemen Keuangan.

Demikianlah tulisan mengenai Fakta Jurusan Manajemen Keuangan di Politeknik Keuangan Negara STAN. Yang ditulis oleh Yotasa Ra’ida. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan informasi dan wawasan kepada para pembaca. Trimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

44 Komentar

  1. We love you kalung merah
    we love you kalung merah
    we love you we love you we love you we love you
    we love you kalung merah