10+ Kampus di Kabupaten Jember Negeri dan Swasta

Kampus di Kabupaten Jember

Jember merupakan kabupaten di bagian timur Provinsi Jawa Timur. Kabupaten yang terkenal dengan wisata pantainya yang indah ini juga mempunyai banyak perguruan tinggi negeri dan swasta berkualitas.

Bacaan Lainnya

Daftar nama kampus di Kabupaten Jember berikut dapat memberikan Anda rujukan mencari perguruan tinggi di sana.

Kabupaten Jember memiliki sejumlah universitas, institut, akademi, dan sekolah tinggi dengan kualitas yang bagus. Di dalamnya juga ditawarkan berbagai jurusan seperti pendidikan, pertanian, teknik, dan ekonomi.

Daftar Perguruan Tinggi di Kabupaten Jember

Daftar nama kampus di Kabupaten Jember berikut memuat informasi singkat tentang perguruan tinggi yang ada di Jember.

  1. Universitas Negeri Jember (Unej)

Unej beralamat di Jalan Kalimantan No. 37, Kampus Tegalboto, Sumbersari, Jember. Selain berstatus negeri, unej juga merupakan perguruan tinggi terbesar di Jember, sehingga peminatnya sangat banyak.

Fakultas yang ditawarkan di unej yaitu Fakultas Sastra dan Budaya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Sosial dan Politik, Hukum, Keguruan dan Pendidikan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pertanian, Teknik, Farmasi, Ilmu Keperawatan, Kedokteran, dan Teknologi Pertanian. Baca juga; Fakta Unik Anak Akuntansi Universitas Jember

  1. Institut Agama Islam Negeri Jember (IAIN)

Alamat kampus di Jl. Mataram No. 1, Mangli, Kaliwates, Jati, Mayangan, Kabupaten Jember. Kampus ini berdiri tanggal 21 maret 1997, dikembangkan dari IAIN Sunan ampel cabang jember. Setelah berdiri sendiri, kampus ini membuka studi fakultas tarbiyah, ekonomi, dakwah, syariah, serta ushuludin, adab, dan humaniora. Baca juga; Fakta Fakultas Syariah IAIN Jember

  1. Politeknik Negeri Jember

Politeknik negeri jember beralamat di jalan mastrip 164, jember. Kampus ini telah berperan membantu pemerintah, pengusaha lokal, dan pedagang kecil dalam mengembangkan usaha melalui lulusannya.

Program studi yang ditawarkan antara lain produksi pertanian, peternakan, teknologi pertanian, manajemen agribisnis, teknologi informasi, kesehatan, bahasa, komunikasi dan wisata, serta teknik.

  1. Universitas Islam Jember

UIJ beralamat di Jalan Kyai Mojo No.101, Kaliwates, Jember. Di bawah naungan ypnu, kampus ini didirikan pada tahun 1984. Prodi yang ditawarkan ialah fakultas hukum, fakultas pertanian, fisip, fkip, fakultas tarbiyah, serta fakultas ekonomi dan bisnis islam.

  1. Universitas Muhammadiyah Jember

Alamat Umj yaitu di Jalan Karimata no 49, sumbersari, jember. Umj didirikan pada tanggal 11 maret 1981. Pada tahun 2015, kampus ini mendapatkan akreditasi B dari BAN PT dengan membuka jurusan Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Agama Islam, dan Program Pascasarjana.

  1. Universitas Mochammad Sroedji

Kampus ini beralamat di Jalan Sriwijaya 22 No.32, Kali Oktak, Karangrejo, Sumbersari, Kabupaten Jember. Universitas swasta yang didirikan pada tahun 1981 ini memiliki 7 fakultas yaitu Ekonomi, Teknik, Hukum, Pertanian, FISIP, FKIP, dan Kedokteran.

  1. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan Jember

STIA Pembangunan Jember merupakan perguruan tinggi yang beralamat di Jalan Lumba-lumba No.9, Sempursari, Jember. Kampus ini menawarkan program studi Ilmu Administrasi Niaga dan Ilmu Administrasi Negara dengan akreditasi B.

  1. STIE Dharma Nasional Jember

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharma Nasional Jember didirikan pada tanggal 20 Mei 1980 dengan membuka jurusan Manajemen pada jenjang S1. Kampus ini beralamat di Jalan Slamet Riyadi No. 64, Kabupaten Jember.

  1. Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Jember

Sekolah tinggi ilmu pertanian Jember atau STIPER Jember merupakan sekolah tinggi pertanian yang berdiri pada tanggal 20 Mei 1979. Kampus ini didirikan oleh Yayasan Pendidikan Petani Jember.

Sebelum menjadi STIPER Jember, perguruan tinggi ini bernama Akademi Perkebunan atau AKAPER. Setelah berubah nama, STIPER lalu membuka program studi Pendidikan dan Agroteknologi dengan kekhususan Perkebunan.

  1. IKIP PGRI Jember

IKIP PGRI Jember merupakan perguruan tinggi yang menyediakan program studi pendidikan mulai dari jenjang sarjana hingga master.

Jurusan yang telah terakreditasi A antara lain S2 Teknologi Pembelajaran, S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Bimbingan Konseling, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Matematika, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Biologi, serta Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Alamat kampus IKIP PGRI Jember yaitu di Jalan Jawa No. 10, Tegal Boto Lor, Sumbersari, Jember.

Daftar nama kampus di Kabupaten Jember di atas belum memuat semua perguruan tinggi yang ada di Jember. Namun, sudah cukup lengkap dan akurat untuk sumber rujukan Anda. Semoga bermanfaat ya, trimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *