4+ Kampus Terbaik di Kota Pagar Alam yang Harus Diketahui

Kampus di Kota Pagar Alam

Kota Pagar Alam merupakan suatu daerah di Provinsi Sumatera Selatan di mana dulunya bagian Kabupaten Lahat namun kini telah menjadi daerah otonomi tersendiri. Daftar nama kampus di Kota Pagar Alam sendiri terbilang cukup walaupun luas daerahnya tidak terlalu besar. Kehadiran kampus-kampus ini sangat bermanfaat bagi warga asli maupun pendatang yang bertransmigrasi.

Bacaan Lainnya

Kampus di Pagar Alam

Laju pertumbuhan yang tidak terbendung di Pulau Jawa membuat program transmigrasi menjadi pilihan bijak. Dimana atas alasan inilah Kota Pagar Alam sendiri menjadi salah satu daerah tujuan paling disukai. Sebab itulah jumlah penduduk di Pagar Alam semakin meningkat. Otomatis, penyediaan sarana dan prasarana publik, termasuk perguruan tinggi, harus semakin lengkap.

Daftar Perguruan Tinggi di Kota Pagar Alam

Di Pagar Alam hanya bisa ditemukan kampus-kampus swasta. Tercatat belum ada perguruan tinggi negeri di sini. Meskipun begitu, daftar nama kampus di Kota Pagar Alam tidak bisa dipandang sebelah mata. Apa saja perguruan tinggi tersebut?

  1. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Pagar Alam

Kampus pertama yang berada di Kota Pagar Alam adalah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah. Gedung perkuliahannya berada di Jalan Kombes H. Umar No. 1123, Kauman, Pagar Alam.

Kampus ini berstatus aktif sejak tahun 2000, dua dekade sudah berlalu sejak perguruan tinggi swasta ini mulai dikomersilkan.

STKIP Muhammadiyah Pagar Alam menjadi satu dengan Pondok Pesantren Muhammadiyah Pagar Alam. Sehingga, calon mahasiswa dapat memilih sekaligus menjadi santri atau sekadar menuntut ilmu di bangku perkuliahan saja. Adapun program studi yang ditawarkan oleh kampus ini meliputi:

  • Pendidikan Bahasa & Sastra Inggris.
  • Pendidikan Matematika.
  • Pendidikan Bahasa Indonesia.
  1. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pagar Alam

Perguruan tinggi kedua di Pagar Alam yang bisa menjadi pilihan adalah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT). Sesuai dengan namanya, instansi ini bertujuan mencetak tenaga pengajar yang unggul dengan berbasikan pendidikan Islam. Lokasi kampusnya beralamat di Jalan Lesung Batu, Jambat Balo, Ulu Rurah. Status kampus ini adalah milik swasta.

Satu-satunya program studi yang ada di kampus ini adalah Pendidikan Agama Islam. Para alumninya dapat menempuh karier sebagai tenaga pengajar materi keislaman di berbagai institusi pendidikan. Sudah berdiri sejak tahun 2007, apresiasi dan minat terhadap kampus STIT Pagar Alam sangat positif. Tidak heran peminatnya bertambah dari tahun ke tahun.

  1. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Lembah Dempo

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Lembah Dempo berdiri sejak tahun 2000. Gedung kampusnya berlokasi di Jalan Sidik Adim No. 98, Air Laga, Pagar Gading. Status akreditasnya C untuk dua program studi yang ada: D-3 Akuntansi dan S-1 Manajemen. Untuk fasilitas yang tersedia bagi mahasiswa sangat lengkap.

  1. Sekolah Tinggi Ilmu Teknologi (STIT) Pagar Alam

Alamat Sekolah Tinggi Ilmu Teknologi (STIT) Pagar Alam ada di Jalan Masik Siagim No. 75, Simpang Mbacam masuk dalam daftar nama kampus di Kota Pagar Alam. Kampus swasta ini resmi berdiri dan beroperasi pada 2004. Jumlah mahasiswanya sendiri terus bertambah dari waktu ke waktu.

Secara tidak langsung membuktikan kualitasnya yang bagus. Progam studi di STIT Pagar Alam sendiri ada dua dengan status akreditasi B:

  • Teknik Informatika.
  • Teknik Sipil.

Dari daftar nama kampus tersebut, setidaknya perlu diketahui bahwa tingkat transmigrasi dari Pulau Jawa ke Kota Pagar Alam yang tinggi, sebagaimana sedikit disinggung di atas, turut berpengaruh pada sektor pendidikan. Sebab, pemerintah memiliki kewajiban menyediakan sarana pendidikan yang memadai, baik bagi warga asli Pagar Alam maupun para transmigran ini. Sebab itulah jumlah kampus rencananya akan terus ditambah.

Salah satu yang wacana penambahan institusi perguruan tinggi yang paling ditunggu adalah Akademi Keperawatan dan Akademi Kebidanan yang berada langsung di bawah pengeolaan pemerintah kota. Sejak akhir 2011, rencana ini sudah digodok namun menemui beberapa kendala sehingga harus ditunda hingga saat ini.

Semoga kehadiran perguruan tinggi vokasi tersebut segera terealisasi sehingga daftar nama kampus di Kota Pagar Alam juga semakin panjang. Tentunya tetap dibarengi dengan peningkatan kualitas dan fasilitas penunjang pendidikan. Supaya, alumni yang dicetak menjadi kelompok unggul yang dapat semakin memajukan Pagar Alam khususnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *