5 Tips Mendapatkan Nilai Yang Memuaskan

Tips Mendapatkan Nilai Yang Memuaskan

Seorang mahasiswa tidak bisa memungkiri terhadap tujuannya kuliah di kampus. Ketika seorang mahasiswa diberikan pertanyaan. Apa yang dicari dalam kuliah? Maka hampir semua menjawab sebuah pengakuan yang bertuliskan tinta di atas kertas. Dalam hal ini yang dimaksud adalah ijazah.

Bacaan Lainnya

Walaupun tidak sedikit yang menjawab mencari ilmu dan pengalaman. Tetapi pada kenyataannya memang pada akhirnya seorang mahasiswa mencari sebuah ijazah. Tentu sekedar ijazah belum bisa memuaskan seorang mahasiswa dengan nilai yang rendah. Sehingga ternyata mahasiswa targetnya selain ijazah maka nilainya pun harus memuaskan.

Dalam hal ini penulis akan memberikan tips terkait dengan bagaimana cara untuk mendapatkan nilai yang memuaskan di dunia kampus. Untuk mendapatkan sesuatu maka seseorang harus memantaskan diri terlebih dahulu. Untuk memantaskan diri maka ada hal-hal yang harus dipenuhi oleh seorang mahasiswa termasuk dalam mendapatkan nilai yang memuaskan. Berikut hal-hal yang yang harus dipenuhi untuk memantaskan diri seseorang yaitu;

Tips Mendapatkan Nilai Yang Memuaskan

Antara lain;

  1. Karakter

Karakter adalah poin pertama yang harus diperhatikan untuk memantaskan diri seseorang. Karakter terbagi atas 2 yaitu:

  1. Karakter dari Dalam

Karakter dari dalam diri atau maksud dari penulis adalah niat seseorang. Niat adalah sesuatu hal yang paling mendasar dalam seseorang. Untuk mendapatkan Sesuatu maka niat seseorang dari awal harus baik. Segala sesuatu tergantung dari niatnya, niat yang baik maka hasilnya pun akan baik begitupun juga sebaliknya.

Contohnya sebelum mahasiswa berangkat ke kampus, maka mahaiswa harus berniat yang positif, seperti ketika di kampus maka saya yang harus paling aktif dalam bertanya, paling aktif dalam menjawab dll. Niat yang baik dari awal maka tubuh akan meresponnya dengan baik pula.

  1. Karakter dari Luar

Karakter dari luar atau penulis sering menyebutnya penampilan. Terkadang untuk menilai seseorang kita cukup melihat penampilan seseorang. Banyak yang beranggapan bahwa penampilan seseorang adalah cerminan dirinya.

Maka perlu penampilan ini harus diperhatikan, dosen akan sangat segan dengan mahasiswanya jikalau penampilannya rapi. Maka penulis mengharapkan seorang mahasiswa harus bisa berpenampilan rapi dimanapun dia berada.

  1. Keaktifan

Penulis melihat poin kedua yang harus terpenuhi adalah keaktifan. Dalam hal ini keaktifan pun dibagi menjadi 2 yaitu:

  1. Kehadiran

Penulis melihat kehadiran seseorang menjadi salah satu hal yang penting dalam mendapatkan sesuatu. Seorang dosen pun akan segan dengan mahasiswa yang rajin walau secara kualitas mahasiswanya masih kurang. Menurut penulis kehadiran seseorang mahasiswa di kampus diatas 80% maka minimal mahasiswa akan mendapatkan nilai B. sehingga seorang mahasiswa harus rajin dalam mengikut kuliah untuk mendapatkan nilai yang memuaskan.

  1. Berbicara di depan Umum

Salah satu hal yang akan sangat diingat oleh dosen adalah mahasiswa yang sering tampil, entah dalam hal menanyakan sesuatu atau menjawab soal. Untuk tampil di depan umum maka hal yang harus dimiliki adalah keberanian. Sehingga penulis mengharapkan mahasiswa bisa lebih aktif dalam tampil baik di ruangan kelas ataupun di luar kelas.

  1. Kemauan dan Semangat untuk Tahu

Untuk mengetahui sesuatu maka dibutuhkan kemauan yang dilandasi oleh semangat seorang mahasiswa. Untuk mengetahui sebuah ilmu maka penulis melihat harus ada LDL. Lihat seseorang yang dianggap bisa dijadikan sebagai contoh yang baik, lihat bagaimana cara penyampaian materinya, bagaimana gayanya dll. Dengarkan bagaimana materi yang disampaikan seseorang.

Serta Lakukan, setelah kita tahu teorinya maka harus kita aplikasikan. Seseorang mahir dalam bidangnya bukan berarti orangnya memang pintar, tetapi karena terus dilakukan. Keinginan untuk mengetahui sesuatu harus di landasi dengan perasaan semangat. Untuk bisa semangat dalam setiap waktu maka mulailah belajar untuk tersenyum.

  1. Kesehatan dan Kerohanian

Kesehatan merupakan salah poin yang sangat penting, walaupun seorang mahasiswa pintar tetapi sering sakit-sakitan dan pada akhirnya jarang masuk kulliah maka sama saja dengan mahasiswa yang malas dimana kehadirannya di kampus akan bermasalah. Sehingga seorang mahasiswa harus bisa menjaga kesehatannya dengan sebaik mungkin. Sehingga bisa terus hadir dalam perkuliahan serta bisa aktif dalam kelas.

Kerohanian juga adalah suatu hal begitu penting, sehingga penulis melihat ketika seorang mahasiswa mendapatkan masalah yang besar terkait dunia kampus dan lain-lain, maka sebenarnya seseorang mesti berhenti sejenak untuk beristirahat. Salah satu agar bisa mengembalikan semangat seseorang dengan cepat adalah dengan refresing ke tempat wisata dan lain-lain.

  1. Ibadah

Dari kelima poin yang harus dipenuhi untuk memantaskan diri ternyata poin kelima ini adalah intinya. Ke empat poin di atas tidak akan berguna jikalau poin kelima ini tidak dilaksanakan. Bagaimana caranya kita bisa mendapatkan sesuatu jikalau kita jarang atau bahkan tidak pernah bertemu dengan Sang Pemberi Reski. Sehingga penulis melihat kita harus kembali kepada sang Pencipta kita untuk mendapatkan sesuatu.

Demikianlah tips-tips untuk mendapatkan nilai yang memuaskan. Penulis yakin, mahasiswa yang memperhatian dan mengaplikasikan tips-tips di atas maka akan mendapatkan nilai yang memuaskan di kampus. Penulis dalam artikel ini adalah Muhammad Sainal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *