Universitas Terbuka (UT) dan 10 Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Fakta Universitas Terbuka

Mungkin banyak yang belum mengetahui Universitas Terbuka (UT) secara lengkap dan jelas. Oleh karena itulah dengan adanya lomba menulis ini saya akan menjelaskan mengenai universitas terbuka. Universitas sangatlah terkenal dikalangan para pegawai dan pejabat namun sayangnya Universitas Terbuka tidak terlalu terkenal di kalangan siswa SMA/SMK/MA yang akan melanjutkan kuliah.

Bacaan Lainnya

Jadi saya sangat berterimakasih kepada penyelenggara lomba karena dengan adanya lomba ini dapat meningkatkan kreatifitas mahasiswa untuk membudayakan menulis dan tentunya membantu adik-adik yang akan melanjutkan kuliah agar memiliki banyak informasi yang banyak tentang kampus di Indonesia dan memilih kampus tanpa harus mengikuti teman.

Universitas Terbuka

Universitas Terbuka atau yang dikenal dengan singkata UT ialah Perguruan Tinggi Negri ke 45 yang di lantik pada 8 september 1984 yang pada tahun ini telah berumur 33 tahun. Secara akreditasi hampir semua jurusan memiliki akreditasi “B” dan ada pula yang memiliki akreditasi “A”.

UT telah menerapkan sistem belajar jarak jauh dan bagusnya lagi UT mengirimkan buku dan CD secara gratis kepada mahasiswa sehingga mahasiswa bisa belajar mandiri baik menggunakan media cetak maupun elektronik.

Fakta Universitas Terbuka

Adapun fakta terunik yang kalian harus ketahui tentang Universitas Terbuka antara lain :

Mahasiswa dapat kuliah sambil kerja karena Universitas Terbuka menyelanggarakan pertemuan atau biasa kami sebut TTM (Tutorial Tatap Muka) yaitu pertemuan 2 kali dalam seminggu yaitu hari sabtu dan minggu,dengan mengikuti TTM kamu sudah mendapatkan 40% dari nilaimu.

Uniknya jika siswa tidak menginginkan ikut TTM maka mahasiswa dapat mengikuti diskusi dan mengerjakan tugas lewat onlineatau biasa kami sebut TUTON (Tutorial Online) dan mahasiswa mendapatkan 30% dari nilaimu.

Mengikuti TTM atau TUTON dapat membantu memperbaiki nilai UAS mu yang harus kamu capai 35 % dari jumlah soal.

Mungkin kalian bertanya apakah pembayarannya mahal?. Oh, tentunya murah diantara universitas lain,bayangkan pembayaran untuk semester pertama hanyalah Rp.1.300.000 (Satu Juta Tiga Ratus Rupiah) tanpa ada lagi pembayaran apapun.

Mendapatkan buku dan CD gratis untuk memenuhi kebutuhan belajar,sehingga mahasiswa dapat membiasakan diri belajar madiri.Mahasiswa yang menyukai membaca buku dapat belajar melalui buku gratis yang diberi namun jika lebih menyukai mendengar dan melihat maka siswa dapat  memutar CD yang diberi.

Di universitas terbuka siswa tidak membuat skripsi tetapi memiliki Tugas Akhir Program (TAP) dan uji akhir,ini yang membedakan universitas terbuka dengan universitas lainnya. Universitas telah mencetak lulusan sarjana dan hampir semua alumni telah bekerja dan sukses dibidangnya masing-masing.

Dalam acara hitam putih tim Trans 7 mengundang Alumni UT yang telah memiliki 29 gelar dan hampir seluruh gelarnya ia dapat karena kuliah di UT, ilmunyapun tidak diragukan lagi,ia sukses dengan berbagai bidang yang ia belajar dari UT.

UT pada faktanya menjadi salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia dengan jumlah mahasiswa terbesar.  Universitas Terbuka menjadi kampus terbesar di Indonesia dan bahkan masuk dalam 10 perguruan tinggi terbesar di dunia.

Mungkin banyak yang takut bahwa Universitas Terbuka adalah universitas abal-abal SAYA KATAKAN TIDAK. Universitas Terbuka merupakan salah satu universitas negeri di Indonesia, dan anda masih ragu akan ilmunya?.

Saya terangkan lagi bahwa universitas terbuka telah terdaftar di kementrian riset, teknologi dan informasi. So..tunggu apalagi adik-adikku dan kakakku yang ingin melanjutkan kuliah segera mendaftarkan diri kalian.Jika kalian masih bingung kalian bisa mencari informasi lengkap melalui website www.ut.ac.id .

Di Universitas Terbuka memiliki 4 Fakultas antara lain FE (Fakultas Ekonomi), Fakultas FHISIP (Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, Dan Ilmu Politik), Fakultas FKIP (Fakultas Keguruan Pengetahuan), FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ).

Saya merupakan salah satu mahasiswa yang mengambil fakultas FHISIP (Fakultas Hukum,Ilmu Sosial, Dan Ilmu Politik) dimana fakultas ini lebih ke pekerjaan perkantoran dan faktanya fakultas FHISIP dapat mendaftarkan diri anda tanpa harus ganggur satu tahun seperti fakultas Ilmu FKIP (Fakultas Keguruan Pengetahuan) untuk mendapatkan SK Honor.

Disini kalian bisa belajar sambil bekerja sebagai honor disebuah perkantoran yang sesuai dengan program yang kalian pilih.Dan saya mengambil Jurusan Ilmu Perpustakaan yang akreditasinya adalah “B”, yang harus kalian ketahui lulusan ini sangat dibutuhkan jika kalian melihat di internet tentang lowongan pegawai perpustakaan maka banyak sekali sehingga kalian tidak perlu takut mengambil jurusan perpustakaan dan semua yang dipelajari sesuai dengan standar yang diterapkan setiap perpustakaan.

Persyaratan Menjadi Mahasiswa Universitas Terbuka

Adapun persyaratan untuk masuk UT adalah fotocopy ijazah dan SKHU jika belum memiliki ijazah bagi siswa yang baru lulus SMA maka boleh menggunakan SKHU sementara, fotocopy KTP, Pas Photo 4×6 satu lembar berwarna,dan uang pendaftaran 150 ribu.

Luruskan stigma yang salah tentang Universitas Terbuka di mata masyarakat. Ayo membangun generasi yang cerdas dan berkualitas. Penulis dalam artikel ini adalah Wihdatul Ulfa yang saat ini menjadi salah satu Mahasiswi di Universitas Terbuka. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

38 Komentar

  1. saya alumni dari Universitas Terbuka… meskipun bberapa masyarakat yang memiliki stigma negatif terhadap UT, tapi di dunia kerja ijazah UT diakui kok… Buktinya saya, saat ini saya bisa menduduki jabatan Spv. HUman Resource Development di perusahaan swasta di Surabaya.. Teman saya ada juga yang bisa bekerja di Kantor Pajak…

    Dengan senang hati buat pembaca yang mau tanya-tanya tentang UT, bisa menghubungi saya via wa di 085655807424…

  2. Kak, akreditasi universitas untuk UT apa? Yang tertera cuman akreditasi untuk prodi. Sedangkan akreditasi untuk universitas tidak di jelaskan. Mohon bantu penjelasannya. Karena klo tidak ada akreditasi universitas berarti tidak bisa untuk mengikuti tes CPNS. Terimakasih

  3. Disemua daerah biasanya ada kak, misalnya di Jakarta, Lampung, Kaliamntan, dan lainnya. Silakan langsung ke website kampusnya saja kak 🙂

  4. Saya pekerja dan hari sabtu pun masuk. Bisakah kita kuliah online tanpa tatap muka. Kalau pun bisa sampai berapa semester kuliah online nya, apakah bisa sampai semester akhir?

  5. Hay kak,mau nanya dong.saya lulusan UT jurusan S1 Bahasa Indonesia.saya mau daftar CPNS tahun ini.tapi salah satu syaratnya adalah harus memiliki Sertifikat Pendidik.sedang saya sndr belum pernah/punya pengalaman mengajar.itu solusi nya gimana ya kak?. saya sedih,karena udah capek bolak balik urut berkas,tapi karena gak punya Sertifikat pendidik saya harus mundur

  6. klw mau dpt serdik hrus tes dulu ad 2 jalur yaitu jalur mandiri dan jalur dr pemerinntah.jalur pemrintah hrus memenuhi syarat minimal 5 thn penglaman mengajar. klw jalur mandiri anda siapkan dana yg lumayn

  7. Apakah misal kita didrop out dari kampus negeri,jurusan hukum,misal pgn kuliah lg diut tanpa hrs mengulang apakah bisa,mengingat diut menerima mahasiswa drop out dan misalkan setelah lulus,apakah bisa kerja diperusahaan" bumn misal,perusahaan" dgn gaji yg besar untuk pemula walaupun sdh pernah didrop out dari kampus negeri

  8. Misal kita didrop out dari kampus negeri trs lanjut diut,misal ngambil fakultas hukum,apakah bisa lanjut tanpa hrs mengulang dan misalkan lulus diut,apakah bisa kerja diperusahaan bumn,contohnya pt virama karya,pt haleyoura powerindo,pt pertamina ep,pt asuransi bri life,pt chevron indonesia pokoknya perusahaan" besar dengan gaji yg fantastis walaupun misal udah pernah didrop out dari kampus negeri tapi setelah diut lulus,mengingat katanya ut menerima mahasiswa drop out? Terima kasih,itu 2 pertanyaan saya ?