11+ Prospek Kerja Jurusan Hukum Yang Bagus Lengkap

Prospek Kerja Jurusan Hukum

Program Studi (Prodi) Hukum adalah prodi pendidikan yang menghasilkan para sarjana yang profesional dibidang ilmu hukum. Saat seseorang mengambil prodi ilmu hukum maka dalam hal ini akan diberikan beberapa mata kuliah yang paling utama di dalam studi ilmu hukum ini diantaranya adalah hukum pidana, hukum perdata,  hukum acara peradilan tata usaha negara, ilmu negara, ilmu perundang undangan, pengantar hukum indonesia dan ada juga mata kuliah umum diantaranya adalah bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan masih banyak lainnya.

Bacaan Lainnya

Peluang Kerja Jurusan Hukum

Sehingga dapat diketahui bahwa tujuan dari program studi Ilmu hukum ini adalah menghasilkan seorang sarjana hukum yang professional dan memiliki potensi yang cukup tinggi. Saat kalian mengambil prodi pendidikan ilmu hukum maka  kalian akan menemukan mata kuliah yang sangat menarik.

Prospek Kerja/Peluang Kerja Jurusan Hukum

Adapun beberapa prospek kerja yang dapat dijadikan peluang usaha dalam program studi ilmu hukum adalah;

  1. Prospek Kerja Jurusan Hukum Sebagai Seorang Pengacara

Seorang yang baru luus dan masuk jurusan ilmu hukum, biasanya memilih menjadi seorang pengacara. Menjadi seorang pengacara ini juga harus memiliki keahlian yang cukup, yaitu harus pandai berkomunikasi dan berinteraksi dengan banyak orang dan juga ahli dalam berbicara yang baik dan benar. Gaji yang menjanjikan membuat banyak orang tertarik untuk bekerja menjadi seorang pengacara.

Gaji yang didapat antara kisaran dari 6 juta samapi 20 juta perbulan. Menjadi seorang pengacara merupakan pekerjaan yang sangat menarik dan telah banyak orang yang mengenal akan pekerjaan tersebut. Sehingga banyak para mahasiswa yang ingin menjadi pengacara yang handal dan sampai kepenjuru dunia. Namun untuk menjadi seorang pengacara memang sangat sulit ada beberapa cara untuk menjadi seorang pengacara yaitu dengan belajar secara rajin agar saat menjadi pengacara kamu mempunyai kinerja yang sangat bagus.

Kunci kebehasilan menjadi seorang pengacara yaitu cara bagaimana komunikasi yang baik itu dapat terjadi di sekitarmu. Namun bukan hanya itu saja seorang pengacara ang baik juga harus memiliki pandangan dan dapat menganalisis dengn sangat teliti.

  1. Prospek Kerja Jurusan Hukum sebagai seorang Notaris

Gaji yang diperoleh oleh seorang notari adalah kisaran 4.000.000 perbulan.  Seorang Notaris biasanya berwenang dalam pembuatan akta otentik.  Dalam hal ini akta – akta yang dapat mereka buat adalah akta yayasan, akta pendirian perusahaan dan laki-laki. Selain itu juga seorang notaris memiliki kewenangan untuk membuat  akta otentik untuk perjanjian, perbuatan atupun ketetapan.

  1. Prospek Kerja Jurusan Hukum sebagai Seorang Hakim

Panggilan seorang yang menjadi hakim itu memang sangat terhormat, yaitu sang mulia tugas utama dari seorang Hakim adalam memimpin jalannya pesidangan. Sehingga apabila tidak ada hadim dalam persidangan tersebut, maka sidang tersebut di anggap tidak sah.

Hakim ini sendiri juga tidak bisa mengambil keputusan sendiri, namun harus dari pembelaan dakwa dan terdakwa dahulu, kemudian baru hakim dapat mengambil sebuah keputusan yang di anggapnya tepat. Gaji untuk menjadi seoran hakim itu cukup besar yaitu kisaran 5.000.000 setiap bulannya.  Sehingga menjadi seorang notaris bukan lah hal yang mudah. Karena seorang notaris dituntut untuk selalu bekerja dan memiliki tanggung jawab yang cukup besar juga.

Gaji untuk seorang hakim Mahkamah kontitusi mendapatkan uang penanganan yaitu kisaran antara 5 juta.  Untuk berapa besar uang yang diterima oleh Hakim Mahkamah Konstitusi adalah ditentukan oleh Kesekretariatan Jendral Mahkamah Konstitusi.

Gaji pokok untuk seorang Hakim Agung dan Hakim Konstitusi diberikan setiap bulan yang berpedoman pada perturan pemerintahan yang mengatur tentang ketentuan dan besaran gaji pokok pimpinan lembaga tinggi negara.

  1. Prospek Kerja Jurusan Hukum sebagai Seorang Jaksa

Setelah lulus dari pendidikannya di jurusan ilmu hukum, biasanya seeorang tersebut akan mencari peluang pekerjaan yaitu menjadi seorang jaksa. Jaksa ini bertugas untuk menyampaikan tuduhan atu dakwaan atas tuduhan untul seseorang yang telahh melakukan pelanggaran. Dalam hal ini syarat untuk menjadi seorang jaksa adalah harus menyelesaikan studinya yaitu dijurusan strakta S1jurusan hukum. Untuk kisaan umur yang dapat menjadi seorang jaksa yaitu dari umur 23 sampai 35 tahun. Dan sehat jasmani maupun rohaninya.

Dan tidak lupa seorang yang ingin menjadi jaksa harus lulus seleksi panitia Rekrutmen Calon Jaksa Kejaksaan Republik Indonesia. Sehingga bekerja menjadi seorang jaksa memang sangat sulit, yaitu menjadi seorang yang memiliki tanggung jawab yang khusus dan selalu berfikiran akan kepurusan yang diberikan apakan benar atau salah.

  1. Prospek Kerja Jurusan Hukum sebagai Seorang Dosen

Untuk seorang yang telah memang menyukai dunia pendidikan.  Untuk menjadi seorang dosen bukannlah hal yang sulit. Namun dalam hal ini apabila ingin menjadi seorang Dosen seseorang tersebut harus lulus S2 terlebih dahulu.

Menjadi seorang Ilmu Hukum merupakan profesi yang sangat disegani. Dalam hal ini Dosen bertugas untuk mengajarkan dan mendidik Mahasiswa nya agar menjadi seorang yang beruntung seperti dirinya. Dalam hal pengajaran dilakukan dengan sesuai maa kuliah yang dipegangnya. Jadi untuk seseorang yang lulus dari jurusan ilmu hukum dan masih ingin berpendidikan lagi atupun mau mendidik, dapat juga menjadi seorang dosen.

Karena pada dasarnya menjadi seorang dosen juga merupakan hal yang sangat menarik dan banyak disenangi oleh para mahasiswa. Apalagi jika dosen tersebut termasuk dosen yang asyik dan tidak terlalu tegang dalam proses pengajaran itu akan membuat kalian juga lebih semangat dalam memberikan pengajaran kepada para mahasiwa.

Sehingga dosen juga banyak diminati oleh para mahasiswa yang baru lulus. Dan sangat hobby dalam berendidikan. Maka dari itu menjadi seorang pendidik juga bukan lah hal yang mudah kita harus menyesuaikan antara keadaan di sekitar kita dan juga dengan orang lain juga. Dan juga menjadi seorang dosen juga mempunyai tanggung jawab yang cukup sulit, karena tanggung jawab tersebut ada pada diri seseorang tersebut untuk memndidik mahasiswanya menjadi seorang yang berguna dan sukses seperti yang diharapkan.

  1. Prospek Kerja Jurusan Hukum sebagai Seorang Konsultan Hukum

Tugas dari seorang konsultan adalah menasehati. Dan dalam hal ini tugas dari konsultan Hukum adalah menasehati seorang ilmuan hukum. Saat ilmuan tersebut merasa kebingungan untuk mengambil sebuah keputusan akan apa yang dia ambil. Seorang konsultan juga bertugas untuk membimbing serta mengarahkan ilmuan hukum tersebut untuk bersikap tegas dalam pengambilan keputusan.

Bukan hanya menjadi konsultan hukum tugasnya bukan hnya menasehati saja namun masih banyak juga yang lainnya. Jadi tanggung jawab menjadi seorang konsultan hukum memang sangatlah sulit, karena kita dituntut untuk selalu berada pada posisi yang sangat sulit dan juga untuk itu harus memiliki bakat dan keahlian yang memng sudh pasti benar dalam hal ini. Sehingga dapat menjadi seorang Konsultan Hukum yang baik dan benar.

  1. Prospek Kerja Jurusan Hukum sebagai Seorang Polisi

Seorang ilmuan hukum juga dapat berprofesi sebagai polisi. Jadi seorang ilmuan hukum tersebut tidak harus menjadi seorang yang pekerjaan nya di pengadilan saja, namun seorang ilmuan ini juga dapat bekerja sebagai polisi. Polisi juga tidak jauh dari ilmu hukum-hukum. Karena untuk menjadi seorang hukum tentunya harus mengetahui syarat untuk menjadi seorang hukum tersebut. Adapun syaratnya itu adalah yaitu mengatui hukum-hukum dan perundang-undangan yang ada di Indonesia. Sehingga dapay diketahui seberapa mampukah seseorang itu menjadi polisi.

  1. Prospek Kerja Jurusan Hukum sebagai Seorang Birokrat

Seseorang yang lulus di jurusan Ilmu Hukum juga dapat mengambil peluang pekerjaan dibidang Birokrat. Tugas dari seorang Birokrat biasanya berada di pemerintahan yaitu di Kementrian, Departemen, DPR, DPRD, DPD, dan masih banyak yang lainnya. Jadi seorang yang bekerja dibidang Biokrat dalam suatu pemerintahan tersebut biasanya tugasnya yaitu selalu berurusan dengan Biokrasi.

  1. Prospek Kerja Jurusan Hukum sebagai seorang Entrepreneur

Seseorang yang sudah memang ahli dalam usaha meraka akan mencari bagaimana usaha mereka akan tetap lancar dan tidak di sangkut pautkan dengan kasus hukum yang telah berlaku. Maka dari itu seorang pengusaha akan memilih mencari izin perdagangan, dengan seorang ilmuan hukum. Atau bahkan tak salah apabila seorang ilmuan hukum ingin menjadi seorang wirausaha. Seseorang wirausaha akan  membuat seorang dapat mengenali produknya dengan mencari produk yang telah ditentukan tersebut.

Demikianlah tadi tulisan mengenai Prospek Kerja Jurusan Hukum Yang Bagus. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat memberikan ide atau wawasan mengenai Peluang Kerja Untuk Jurusan Ilmu Hukum. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan yang lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *