10+ Prospek Kerja Jurusan Kriminalogi yang Harus Diketahui

Prospek Kerja Jurusan Kriminalogi

Kriminalogi adalah ilmu yang mempelajari tentang ilmu sosial yang menyatukan antara disiplin ilmu psikologi, sosiologi, peradilan agama, hukum dan serta memeriksa tentang Kerjahatan-ejahatan yang ada saat ini. Seorang yang masuk di sebuah universitas dan masuk ke jurusan ilmu kriminologi biasanya orang tersebut ingin beerja dibidang peradilan agama. Atau yang mengatur tentang hukum-hukum yang ada di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Peluang Kerja Jurusan Kriminalogi

Seorang yang masuk di jurusan ini akan mendapatkan ilmu yang sangat luar biasa bagus yaitu ilmu tentang interdisipliner yang memfokuskan dirinya untuk belajar mengenai hal-hal kriminal dan ukum-hukum yang ada di Indonesia. Setelah mendapatkan gelar sarjana maka seorang ilmuan tersebut dapat membuat kontribusi dalam bidang peradilan pidana dengan melalui administrasi polisi dan kebijakan peradilan anak, etnografi kriminal, dan viktimologi.

Prospek Kerja atau Peluang Kerja Jurusan Kriminalogi

Ada beberapa prospek kerja yang menjadi peluang penting dalam bidang ilmu kriminologi di antaranya adalah:

  1. Lembaga Kepolisian (Laboratorium Kriminologi atau LABKRIM).

Banyak peluang kerja untu Lulusan dari kuliah di sebuah Universitas dengan  jurusan ilmu kriminalogi, salah satunya yaitu di lembaga kepolisian. Di lembaga kepolisian ini nantinya akan bekerja sebagai bagian dari penyidik kepolisian untuk kasus-kasus kriminal yang banyak beredar saat ini.

Perlu di ketahui juga bahwa kepolisian  merupakan lembaga pilihan utama yang mengatur dan menangani peraturan-peraturan serta kasus-kasus dari kasus yang kecil sampai yang besar yang ada di Indonesia.

  1. Lembaga Kerjaksaan

Dalam  sebuah kasus yang besar yang ada di pengadilan. Maka yang memutuskan dan menyelesaikan masalah itu ada di lembaga Kerjasaan ini. Seorang yang bekrja dibidang ini memang mempunyai tanggung jawab yang penuh akan kasus yang ada.

Sehingga dapat di ketahui bahwa Kerjaksaan ini merupakan suatu tempat yang merupakan proses dimaka kasus-kasus kriminal  yang ada itu di proses dan di selesaikan.

  1. Lembaga Departemen Kehakiman

Saat kuliah di jurusan ilmu kriminalogi tentunya kalian juga belajar mengenai tentang peradilan. Sehingga saat kalian mendapatkan peluang pekerjaan di bidang kehakiman tak ada salah nya jika pekerjaan tersebut diambil sebagai suatu proses pengabdian atas ilmu yang telah didapat. Jadi tak ada salah nya jurusan kriminalogi bekerja dibidang kehakiman ini.

  1. Lembaga Departemen Pertahanan

Seorang yang bekerja di lembaga Departemen Pertahan tugasnya yaitu sebagai penjaga atas pertahanan bangsa dan negara. Sehingga suatu negara tersebut akan terhindar dari aksi kekerasan dan kriminal yang ada, misalnya dari aksi teroris yang sudah menyebar khususnya di daerah Indonesia saat ini.

Seorang yang bekerja di lembaga ini memiliki suatu tanggung jawab yang sangat besar. Dalam hal ini namun sesuai denagn gaji yang di peroleh.

Gaji yang besar membuat pekerjaan ini banyak diminati banyak orang. Namun ada banyak orang juga yang ingin memang mempertahankan kesatuan dan persatuan yang telah ada di suatu negara tersebut tanpa memikirkan gaji yang didapat. Karena banyak orang yang ingin menjaga negaranya sehingga negara tersebut menjadi negara yang kokoh dan utuh dalam kesatuannya.

  1. Lembaga KPK (Komisi Pertahanan Korupsi)

Telah diketahui tentunya bahwa Lembaga ini memang sanagat mempunyai pengruh yang sanagat penting bagi negara. Jika tidak ada lembaga ini maka sebuah negara juga tidak akan bertahan lama, akan banyak orang yang korupsi sehingga banyak orang yang akan gila pangkat. Karena mereka  beranggapan bahwa semakin tinggi pangkat akan semakin besar juga gaji yang didapat.

Lembag KPK (Komisi Pertahanan Korupsi) dapat dikatakan bahwa lembaga ini memiliki karakter sehingga lebaga ini sedang naik daun saat ini. Dalam hal ini banyak orang yang mencari pekerjaan di bidang ini yaitu menjadi  bagian dari KPK (Komisi Pertahanan Korupsi).

Karena banyak orang yang tau bahwa korupsi merupakan hal yang sanagt merugikan banyak orang.  Dan merupakan hal yang krimianal sehingga harus di binasakan demi kesatuan dan persatuan bangsa yang dicintai ini. Banyak orang yang baru selesai dari pendidikan dari jurusan kriminologi yang mencari peluang pekerjaan di sini dengan anggapan ingin menghapuskan korupsi yang ada di negaranya agar sebuah negara tersebut damai dan sejahtera.

  1. Lembaga Penelitian

Telah banyak seorang yang mencari pekerjaan di biang penelitian. Khususnya di bidang penelitian tentang kriminal seprti ini. Karena merupakan sutu tantangan yang sangat ekstrim sekali untuk kalian yang menyukai tantangan. Hal ini juga merupakan hal yang sangat menjanjikan untuk pekerjaan mu.

Gaji yang cukup besar sehingga banyak orang yang berminat untuk bekerja disini. Seperti lembaga LIPI,lembaga yang cukup besar dan merupakan hal yang sangat baik sekali jika kalian dapat bekerja di lembaga ini.

  1. Lembaga Tenaga Kerja

Namun seorang yang ingin tetap terus bekerja di dalam sebuah pendidikan saat sudah lulus kuliah. Dapat bekerja sebagai dosen. Kaena saat kalian menjadi seorang dosen kalian dapat menyampaikan materi yang telah kalian dapat sebelumnya, kalian juga dapat memanfaat kan segala hal yang telah kalian dapatkan dari dosen sebelum kalian dengan menyampaikannya kembali kepada mahasiswa yang kalian ajarkan saat ini.

Bukan hal yang tidak menarik menjadi dosen. Malahan jika hal ini merupakan hal yang sangat luar biasa sekali menjadi seorang dosen yang profesional. Gaji yang di peroleh juga cukup besar. Jadi tak ada salahnya jika kalian memnjadi seorang dosen yang asik dan tidak membuat mahasiswanya jera di ajar oleh dosen seprti anda.

  1. Lembaga Jurnalis

Banyak sekali hal-hal yang kriminal, kasus-kasus kriminal yang sering kita liat di televisi. Hal ini di lakukan oleh seorang jurnalis. Jadi seorang jurnalis itu tugasnya mencari kasus-kasus kriminal yang dapat menjadikan sutu stasiun televisi tersbut menyediakan info terkini dan terpercaya kebenarannya dan bukan Hoax semata.

Menjadi seorang jurnalistik adalah pekerjaan yang sangat sulit. Kita harus terus mencari info-info terbaru ataupun kasus-kasus yang ada di sekitar kita atau pun bahkan sampai ke luar kota untuk mendapatkan info tersebut. Setelah kita memperoleh info tersebut barulah nantinya di cetak dan disebar ke media sosial ataupun yang lainnya. Menjadi seorang jurnalistik juga kita dituntut harus banyak tau tentang hal-hal yang sangat penting, dan mempunyai banyak pengetahuan sehingga tidak dikatakan kudate.

  1. Lembaga Pelayanan Masyarakat dalam Pemberian Bimbingan dan Penyuluhan.

Memberikan bimbingan kepada masyarakat merupakan hal yang sangat penting, karena hal ini dapat membuat pengetahuan masyarakat bertambah. Memberikan ilmu pengetahuan tentang kasus kriminal yang akan membahayakan dirinya. Sehingga nantinya setelah diberitahu masyarakat tersebut akan mengerti dan tidak melakukan hal yang membahayakan untuk dirinya dan akan selalu terus waspada di manapun mereka berada.

Dalam hal ini peran seorang ilmuan kriminologi sangat di butuhkan untuk membantu pengetahuan dari masyarakt itu sendiri, karena pada dasranya masyarakat tidak akan mengetahui kasus apa saja yang akan membahayakan dirinya.

Maka dari itu perlu adanya Pelayanan Masyarakat dalam Pemberian Bimbingan dan Penyuluhan yang sesekali dapat di lakukan di pedesaan dan menyatu dengan masyarakt tersebut. Sehingga dapat mengetahui kodisi dari daerah tersebut, berbahay atau tidak dan memeberikan saran kepada masyarakat tersebut apa yang seharusnya di lakukan.

  1. Lembaga Sosial atau politik

Tidak ada salah nya lulus dari kuliah jurusan ilmu kriminologi kalian mencari peluang pekerjaan di bidang sosial ataupun politik. Karena itu memang hal yang sangat mungkin sekali. Karena kuliah kriminologi  juga belajar mengenai politik baik itu yang ada diluar negeri ataupun yang ada di dalam negeri. Dalam hal ini politi juga banyak sekali kasus-kasus yang ada di dalamnya.

Misalnya kasus korupsi. Sehingga sangat mudah sekali untuk kalian melihat seseorang yang mencurigakan  bertidak kriminal atau tidak . karena kalian telah memiliki ilmu yang di dapatkan saat kuliah dulu.

Demikianlah tulisan mengenai adanya prospek kerja untuk jurusan kriminalogi. Semoga dengan adanya ulasan mengenai peluang kerja yang bisa di dapatkan oleh Jurusan Kriminalogi ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang membutuhkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *