6+ Prospek Kerja Jurusan Ilmu Politik Terbaru dan Terbaik Lengkap

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Politik

Banyak masyarakat yang telah berpendapat bahwa seorang yang lulusan jurusan ilmu politik dapat dengan mudah mendapatkan  pekerjaan dan juga dapat dengan mudah menjadi seorang PNS. Banyak masyarakat berpendapat jika kuliah di jurusan ilmu politik akan menjadi seorang yang mimiliki jabatan tinggi yang mislanya adalah sebagai anggota DPR Ataupun DPRD, Gubernur, Bupati atau Walikota, Atau menjadi bagian dari sebuah partai politik. Atau dapat juga memiliki Pejabat tinggi yaitu sebagai Pejabat Negara Atau Pejabat Daerah. namun sebenarnya seorang yang melakukan pendidikannya di jurusan ilmu politik ini tidak harus bekerja dengan yang berhubungan dengan politik.

Bacaan Lainnya

Namun bisa juga dengan yang lain atau bahkan dapat bekerja dengan yang tidak ada hubungannya dengan jurusan yang di ambilnya. Seseorang yang bekerja dibidang politik akan selalu berpatoka kepada politik sehingga dia akan terjun masuk kedalam politik. Seorang yang ingin menjadi sarjana politik pasti akan melakukan penelitian di daerah-daerah. sehingga seorang ilmu politik akan menegetahui dan peka terhadap keadaan masyarakat yang ada di suatu daerah ataupun disuatu negara tersebut.

Prospek Kerja/Peluang Kerja Jurusan Ilmu Politik

Di antara itu ada beberpa prospek kerja yang dapat di jadikan peluang pekerjaan bagi seorang lulusan ilmu politik. Di antaranya adalah :

  1. Prospek Kerja Jurusan Ilmu Politik Di Bidang Pemerintahan

Seorang yang lulusan dari Ilmu Politik memang sangat cocok untuk bekerja di bidang pemerintahan. Ilmu yang dipelajari semasa kuliah akan digunakan di dalam pekerjaan ini. Sehingga seorang yang lulus dari jurusan ilmu politik akan sangat mudah dalam melakukan adaptasi dengan lingkungan dan pekerjaannya.seorang yang bekerja dibidang pemerintahan biasanya akan menjadi seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil) dengan gaji yang di dapatkan cukup lumayan besar.

Dalam hal ini seorang yang bekerja di bidang pemerintahan akan sangat mengetahui keadaan dan kondisi dari lingkungan pilitik itu dan juga dapat mengetahui permasalahn yang besar dan kecil dari politik tersebut. Sehingga pembelajaran yang di lakukan saat duduk di bangku perkuliahan sangat berguna untuk bekal kalian bekerja di bidang pemerintahan ini.

  1. Prospek Kerja Jurusan Ilmu Politik Di Bidang Politik

Tentu saja seorang yang kuliah jurusan ilmu politik akan langsung mencari peluang pekerjaan di bidang politik ini. Selain dalam bidang ilmu politik yang mencari pekerja dari jurusan ilmu politik pekerjaan ini memang sangat cocok untuk ilmuan politik.

Sehingga tak jarang banyak uga yang mencari pekrjaan di bidang ilmu politik ini. Dalam sebuah pemerintahan dan bidang politik ini saling berkaitan karena pemerintahan juga sangat membutuhkan politik yang bekerja di dalamnya. Yang tujuan dari bidang politik ini sendiri adalah sebagai penentu dari aspek kehidupan yang ada dalam masyarakat sekitar. Dalam bidang politik ada beberpa pekerjaan yang dapat diduduki oleh seorang ilmuan politik, diantaranya adalah : konsultan politik, analisis politi atau menjadi seorang DPR ataupun DPRD, menjadi seorang gubernur,masuk dalam kegiatan perpolitikan baik itu dalam tingkatan nasional maupun lokal.

  1. Prospek Kerja Jurusan Ilmu Politik Di Bidang Pendidikan

Seorang ilmu politik yang suka denga dunia kependidikan dapat melanjutkan dan dapat menyampaikan ilmunya dengan mengajar pedidikan sebagai seorng dosen atau menjadi seorang tenaga pendidik. Sehingga banyak dari orang yang melanjutkan pendidikan agar memperoleh gelar master hingga Doktor agar dapat menjadi seorang dosen ataupun hanya ingin mengabdi pada bidang pendidikan.

Sehingga seorang yang telah memang mempunyai keinginan untuk menjadi seorang pendidik harus menyampaikanmateri yang ada dengan sunguh-sungguh. Sehingga mahasiswa akan menjadi lebih jelas dan paham akan materi tentang ilmu politik yang diberikan. Sehingga para mahasiswa akan lebih cerdas dan dapat menjadikan bangga untuk negeri tercintanya ini. Karena paham akan pembelajaran yang diberikan oleh dosen atau tenaga didiknya.

  1. Prospek Kerja Jurusan Ilmu Politik Di Bidang Sosial

Seorang yang lulusan dari jurusan ilmu politik juga dapat bekerja di bidang ilmu sosial, yaitu dapat bekerja sebagai anggota LSM, Komunitas, Peneliti, Praktis Sosial. Sehingga dapat membantu masyarakat yang kurang memperoleh perhatian dari pemerintahannya. Namun banyak seorang yang duduk di bangku kuliah sudah mulai bergabung dengan LSM, ataupun Komunitas, atau lembaga lainnya.

Sehingga saat sudah lulus mahasiswa tersebut langsung bergabung dengan organisasi yang telah diikutinya sejak sudah diperkuliahan tersebut. Karena seorang yang akan lulus dari perkuliahan dibidang ilmu politik selalu melakukan penelitian di masyarakat dan berhubungan dengan ilmu sosial lainnya. Maka dari itu seorang ilmu politik akan selalu mengetahui permasalahan yang ada dimasyarakat tersebut, dan dapat peka terhadap kondisi yang ada di masyarakat tersebut.

  1. Prospek Kerja Jurusan Ilmu Politik Di Bidang Industri

Untuk bekerja di dalam bidang industri ini memang sangat sulit. Diantara nya karena  pekerjaan dibidang Industri ini tidak sering membuka lowongan pekerjaan. Biasannya jika ingin bekerja di bidang industri atau bidang swasta seorang ilmuan politik harus memilih lewat jalur bawah yaitu sebagai seorang marketing atau sales.

Posisi yang akan menjanjikan seorang dapat bekerja dibidang industri ini. Ada beberapa hal yang wajib di miliki oleh seorang yang lulusan sarjana politik adalah sebagai seorang tersebt harus memiliki Bahasa Inggris. Dengan seorag ilmuan politik tersebut dapat menguasai bahasa inggris maka dapat mendaftar lowongan pekerjaan baik dari tingkat nasional maupun Internasional yang ada. Ada beberapa posisi yang dapat menjadi peluang pekerjaan seorang Ilmuan Politik sebagai pengrekrutan lowongan pekerjaan yang telah dibuka:

  • Marketing

Seorang yang ingin bekerja sebagai seorang marketing harus dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan baik dengan konsumen. Sehinnga saat memasarkan produknya akan Dapat laku dengan mudah dan gampang. Sehingga dalam hal pemasaran juga harus memiliki keahlian yang cukup untuk dapat berkomunikasi yang baik dengan konsumennya.

  • Sales

Setiap tahun dan bahkan setiap bulan selalu membuka lowongan untuk menjadi seorang sales. Bersaing dari semua jurusan dan lulusan merupakan hal yang sangat sulit. Sehingga dalam tingkatan pemasaran, ekonomi kreatifitas serta negosiasi harus selalu di tingkatkan.

  • Administrasi

Untuk setiap tahun atau setiap bulan selalu membuka lowongan pekerjaan untuk bidang industri. Selalu ada persaingan untuk lulusan dan lulusan yang mempunyai tingkatan ilmu pengetahuan yang cukup dalam admistrasi dan perkantoran, ekonomi,disiplin, microsoft office baik itu Excel, Vlookup, Hlookup,IF, dan lain-lain yang masih banyak ilmu pengetahuan yang tidak banyak orang tahu.

  • Corporate atau Affairs atau General Affairs atau Government Relations atau Industrial Relations atau Public Relations

Pengetahuan yang harus terus ditinggatkan seperti manajemen, komunikasi, negosiasi, ekonomi. Sehingga tidak setiap tahun lowongan pekerjaan ini di buka untuk umum.

  • Human Resources

Pekerjaan ini buka setiap bualan bahkan setiap tahun sekali selau menmbuka lowongan pekerjaan ini. Dari semua jurusan dapat mendaftar di pekerjaan ini yaitu dalam bidang Industri. Namun untuk dapat bekerja dibidang ini harus memenuhi syarat yang telah ditentukan.

Untuk jurusan psikologi, hukum, ataupun Tekhnik harus sesuai dengan bidang industri yang ada di dalam perusahaan tersebut dan juga harus menguasai ilmu pengetahuan seperti alat tes psikologis, hukum pengetahuan dasar dalam psikologi perusahaan tersebut dan juga microsoft office ataupun excel, Vlookup, Hlookup, IF, dan Lain-Lain.

  1. Prospek Kerja Jurusan Ilmu Politik Di Bidang Wirausaha

Tidak perlu dijelaskan lagi karena banyak orang yang ingin menjadi seorang wirausaha. Khususnya untuk Ilmu Politik ini sendiri. Seorang yang telah menjadi pengusaha pasti kita dapat membuka peluang pekerjaan untuk yang lain juga, sehingga kita aka mendapatkan kepuasan dari hasil usaha yang telah kita kerjakan tersebut. Dalam bidang apa yang akan dijadika usaha itu merupakan terdantung dari masing-masing yang akan memulai usahanya tersebut.

Pada intinya kita telah memulai usaha yang akan menjadikan kita untung pada nantinya. Sehingga usaha yang akan di jalannkan menjadi lancar total. Banyak orang yang membuka sebuah usaha namu tidak di kerjakan dengan sungguh-sungguh maka akan menjadi usahanya itu sia-sia dan akhirnya akan gulung tikar usaha yang di bangun tersebut. Sehingga sebuah saha itu akan mengalami pasang surutnya tergantung dari usaha apa yang akan di geluti dan sekuat apa mempertahankan usahanya tersebut.

Demikianlah tulisan mengenai Prospek Kerja Jurusan Ilmu Politik. Semoga dengan adanya ulasan dari kami ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang pada saat sedang mencari pandangan ataupun informasi mengenai Jurusan Ilmu Politik. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *